Monday, October 30, 2017

Mengatasi Anak Susah Makan


Pertumbuhan anak sangat penting terutama untuk meningkatkan daya tubuh anak supaya tidak gampang sakit. Namun ada kalanya anak susah untuk makan sehingga sebagai orang tua perlu berbagai cara supaya anak mau makan terutama sayuran.

Makan merupakan hal yang wajib bagi semua makhluk hidup tidak terkecuali anak-anak. Pada masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan yang sangat pesat, oleh karena itu cukupi kebutuhan gizi anak supaya anak bisa menjalankan aktivitasnya dengan baik. Makan berguna sekali untuk pertumbuhan anak dan untuk meningkatkan daya tubuh supaya tidak gampang sakit serta mengoptimalkan kecerdasan anak. 

Tetapi terkadang masalah sering terjadi pada anak seperti susah makan dikarenakan berbagai banyak hal. Ketahui beberapa penyebab anak susah makan seperti berikut ini. 

Karena makan makanan yang manis
Jika anak suka makan permen sebaiknya dikurangi karena memakan makanan yang manis bisa mengakibatkan nafsu makan berkurang sehingga anak menjadi malas makan. 

Sakit
Salah satu yang menyebabkan anak menjadi susah makan dikarenakan anak sedang sakit. Pada saat sakit lidah terasa pahit dan anak menjadi susah untuk makan. Jaga selalu kesehatannya supaya anak tidak mudah terserang penyakit seperti kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan badan. 

Karena jajan
Anak yang sudah suka jajan tentu saja mempengaruhi terhadap nafsu makannya. Usahakan anak jajan diberi waktu oleh orang tua misalnya pada saat masuk jam makan siang sebaiknya anak jangan diberi jajan karena nantinya anak susah untuk makan. 

Anak yang susah makan tentunya perlu kita perhatikan supaya anak kembali mau makan supaya kebutuhan gizi anak terpenuhi. Adapun cara untuk mengatasi anak supaya mau makan adalah sebagai berikut. 

Berikan anak makan dalam porsi kecil
Memberikan anak dengan porsi kecil namun dengan intensitas waktu sering. Pada masih anak-anak tentunya lambung masih kecil dan belum mampu menerima makanan dalam porsi yang banyak. Makanan dengan porsi yang kecil membuat anak mampu menerima dan diharapkan mampu memenuhi gizi anak secara baik. 

Membuat variasi makan
Supaya anak tidak bosan, maka perlu variasi makanan dengan berbagai bentuk dan sajian yang berbeda supaya anak mau makan. 

Sajikan dalam bentuk makanan yang unik
Sebagai orang tua tentunya makanan yang disajikan harus menarik dan dengan kreasi yang unik seperti dengan makanan yang disajikan bentuk bunga dan lain sebagainya. 
 
Pertumbuhan anak merupakan salah satu tanggung jawab orang tua, oleh karena itu cukup anak dengan gizi yang sangat penting bagi pertumbuhan dan kembang anak. Bila perlu berikan susu DANCOW untuk anak dengan diformulasikan khusus supaya membantu perkembangan otak anak dan menjadikan anak sehat.

No comments:

Post a Comment