Monday, September 25, 2017

UI, Best University in Indonesia versi QS World University


UI, Best University in Indonesia versi QS World University
Universitas Indonesia atau yang lebih akrab disebut dengan UI, kembali menunjukkan eksistensi terbaiknya di dunia pendidikan untuk level perguruan tinggi negeri. Universitas Indonesia berhasil menyabet gelar sebagai Best University in Indonesia versi pemeringkatan Quacquarelli Symonds atau QS World University Ranking untuk periode 2017/2018 yang dirilis pada Juni, 2017 lalu.

Universitas Indonesia memperoleh gelar sebagai Best University in Indonesia karena peringkatnya yang berhasil menduduki posisi 277 dunia. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Universitas Indonesia berada pada peringkat 325 dunia oleh pemeringkat yang sama. Oleh Karena itu, UI berhasil mempertahankan posisinya sebagai Best University in Indonesia selama 6 tahun berturut-turut pada pemeringkatan QS World University Ranking ini.

Ada beberapa performa indikator yang dijadikan tolak ukur peringkat UI ini. Salah satu performa indikator yang mengalami peningkatan signifikan pada UI adalah International Faculty yang mengukur banyaknya jumlah ekspatriat atau tenaga pendidik asing di suatu perguruan tinggi di Indonesia. Ada pun peningkatan performa lain yang terlihat pada indikator Academic Reputation dan Employer Reputation. Peningkatan sejumlah performa ini, jelas menyatakan bahwa gelar Best University in Indonesia yang disandang oleh UI bukanlah hal yang mustahil.

QS World University Ranking pun telah melakukan beberapa survei terhadap para pimpinan perusahaan, lulusan UI dianggap kompeten, inovatif, serta efektif dalam bekerja dan mengimplementasikan keilmuannya, serta bersaing sehat di dunia kerja. Gelar sebagai Best University in Indonesia jelas tepat sasaran karena UI pun berhasil mencetak lulusan unggul yang semakin mengharumkan nama almamaternya.

Gelar UI sebagai Best University in Indonesia merupakan hasil pemeringkatan yang dilakukan oleh QS World University Ranking yang merupakan perusahaan asal Inggris, bergerak di bidang pendidikan. Pemeringkatan ini adalah salah satu pemeringkatan yang paling banyak dijadikan acuan utama termasuk oleh Kemenristek bersama dengan Academic Ranking of World Universities dan 

Times Higher Education World University Rankings, untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi, khususnya di Indonesia menuju World Class University. Dan untuk tahun ini, QS World University Ranking melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 959 Perguruan Tinggi di 84 negara di seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment