Monday, October 24, 2016

Makanan Yang Mengancam Kesehatan Ibu Hamil


Bagi Anda yang saat ini sedang hamil tentu sangat berharap bayi yang ada didalam kandungan dalam kondisi sehat serta berharap proses kelahirannya lancar. Oleh karena itu hal yang sangat penting kita perhatikan yaitu faktor kesehatan. Karena kesehatan ibu hamil sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. 

Banyak sekali faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan seorang ibu yang sedang hamil, faktor tersebut bisa datang dari dalam maupun dari luar seperti faktor makanan, kondisi keluarga, faktor cuaca dan sebagainya. Faktor terpenting yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu yang sedang hamil yaitu faktor makanan. Asupan nutrisi yang seimbang akan membantu menjaga daya tahan ibu hamil semakin kuat dan tidak mudah terserang virus penyakit.

Memilih jenis makanan yang cocok untuk kesehatan ibu hamil memang harus benar-benar diperhatikan, sebab jika salah memilih jenis makanan tersebut bukannya membuat ibu hamil semakin sehat justru malah sebaliknya. Perlu Anda ketahui beberapa makanan yang menjadi pantangan ibu hamil supaya bayi Anda tetap sehat diantaranya :

Makanan yang masih mentah
Bagi Anda yang sedang hamil harus dipastikan kalau makanan yang kita makan dalam keadaan matang. Memilih makanan mentah atau yang masih setengah matang harus dihindari terutama jika kehamilannya masih muda. Makanan yang mentah terkadang masih mengandung sejumlah bakteri atau virus yang belum mati. Jika dikonsumsi secara terus menerus justru hal tersebut akan berpengaruh terhadap proses pertumbuhan janin dalam kandungan.

Minuman bersoda dan alkohol
Meminum alkohol atau minuman bersoda disaat sedang hamil sudah tentu akan membahayakan janin dalam kandungan. Oleh karena itu jenis minuman tersebut harus dihindari oleh ibu hamil karena dapat menjadi toksin racun bagi bayi. jika mengkonsumsi alkohol selama masa kehamilan maka akan menyebabkan gangguan perkembangan mental yang sangat berbahaya.

Kafein
Hindari meminum kafein selama proses kehamilan apalagi pada saat trimester pertama, sebab kafein bisa mengakibatkan keguguran. Selain itu jika ibu hamil sering mengkonsumsi kafein akan mengganggu proses pertumbuhan janin, yang menyebabkan berat badan janin lambat.
Nah itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari karena dapat berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil.